Hell Yeah Pointer 5
    
MODUL II



LAPORAN AKHIR 1
Percobaan 3a

1. Jurnal [KEMBALI]

 

    1. Vcc
    2. DIP Switch Pack 8
    3. IC 74192N dan IC 74193N
    4. Probe LED




        Rangkaian di atas terdiri dari DIP Switch Pack 8 yang dihubungkan ke IC Counter dan diberi Vcc, kemudian outputnya merupakan Probe LED.

        Saat rangkaian dijalankan, untuk mendapatkan Counter UP, maka kita harus mengklik-klik saklar yang terhubung ke kaki UP pada IC Counter, sehingga output rangkaian akan membentuk bilangan biner dari 0 sampai 15. Untuk mendapatkan Counter DOWN, maka kita harus mengklik-klik saklar yang terhubung ke kaki DOWN pada IC Counter, sehingga output rangkaian akan membentuk bilangan biner dari 15 sampai 0. Keadaan ini akan ditemukan pada kondisi 4 dan 5 pada jurnal percobaan. Kemudian untuk mereset rangkaian maka bisa dilakukan dengan menghubungkan saklar yang terhubung ke kaki Clear/Reset pada IC Counter ke Vcc.




Soal :

1. Analisa output percobaan berdasarkan IC yang digunakan !
2. Analisa hasil percobaan pada kondisi 3 dan 4 pada jurnal !

Jawab :

1. Output pada percobaan akan sesuai dengan IC saat percobaan 4 dan 5, karena IC yang digunakan adalah IC Counter. 
- Saat percobaan 4 maka output yang dihasilkan adalah dari 0 sampai 15 karena rangkaian menjalankan Counter UP.
- Saat percobaan 5 maka output yang dihasilkan adalah dari 15 sampai 0 karena rangkaian menjalankan Counter DOWN.
Untuk percobaan 2 dan 3 didapatkan hasil jika kita kita mengisi data ABCD secara manual. Sedangkan untuk percobaan 1, rangkaian akan mereset ke keadaan semula.  
 
2. Analisa percobaan 3 dan 4
- Saat percobaan 3, LED tidak menyala, dikarenakan load pada IC aktif maka output pada percobaan bergantung dengan inputan ABCD secara manual. Bilangan biner inputan akan sesuai dengan bilangan biner outputan.
- Saat percobaan 4, maka rangkaian akan menjalankan Counter UP, dengan cara mengklik-klik saklar (berperan sebagai clock) yang terhubung ke kaki UP pada IC Counter. Output pada percobaan merupakan bilangan biner dari 0 ke 15.
 

|| [HTML] || [SIMULASI] || [VIDEO|| 


 

No comments:

Post a Comment